Software Process (Rekayasa Perangkat Lunak)

  • Posted by Virgiawan Listanto
  • at 12:26 PM -
  • 0 comments

Halo, Selamat sore para penggemar :D
Sudah sekian lama kita tidak berjumpa di blog keramat ini. Kali ini saya akan menulis tentang Software Process untuk tugas RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang sudah lama sekali di informasikan oleh Pak Dosen tapi baru hari ini dikerjakan. *plaak* Oke langsung saja kita mulai!

Berikut ini merupakan beberapa pengertian software process yang saya kutip dari beberapa buku:

Pengertian Software Process
1. Menurut Reidar Conradi pada bukunya yang berjudul Software Process Technology: 7th European Workshop, Software Process adalah Proses perangkat lunak yang direpresentasikan sebagai sebuah proses program dan dapat mengeksekusi secara otomatis.

2. Menurut Ian Sommerville pada bukunya yang berjudul Software Engineering (9th Edition), Software Process adalah Pendekatan sistematis yang digunakan dalam rekayasa perangkat lunak serta merupakan sebuah aktifitas terurut yang menuju kepada produksi dari pembuatan produk rekayasa perangkat lunak.

3. Sedangkan menurut M Deploy pada tulisannya yang berjudul Software Engineering Process, Software process adalah serangkaian langkah-langkah yang terurut untuk membuat sebuah produk rekayasa perangkat lunak. Software process adalah suatu hirarki yang tiap langkah dapat memiliki sub-sub langkah dalam proses rekayasa perangkat lunak.

Terdapat 4 aktifitas umum yang mendasar pada semua proses rekayasa perangkat lunak, yaitu:

  • Software specification, yaitu pengguna dan perekayasa menentukan perangkat lunak yang akan dibuat dan dibatasi pada proyek tersebut.
  • Software development, dimana perangkat lunak tersebut dirancang dan diprogram.
  • Software validation, dimana perangkat lunak di cek apakah sudah memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pengguna
  • Software evolution, dimana perangkat lunak diubah,diperbaiki untuk mengatasi perubahan pengguna dan mengikuti perkembangan jaman.

Dalam software process terdapat beberapa model, yaitu:

  • Waterfall, Model ini adalah model yang pertama kali muncul pada tahun 1970an diperkenalkan oleh Winston W. Royce. Model ini memisahkan fase spesifikasi dengan fase pengembangan.

    Ada 5 proses penting dalam model Waterfall:
    1. Requirement analysis and definition (analis kebutuhan)
    2. System and software design (perancangan sistem dan software)
    3. Implementation and unit testing (implementasi dan testing)
    4. Integration and system testing (integrasi dan pengujian sistem)
    5. Operation and maintenance (operasi dan perawatan)

  • RAD (Rapid Application Development), Rapid Application Development (RAD) adalah sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan kecepatan dalam pengembangan melalui keterlibatan pengguna dalam pembangunan secara cepat, iteratif, dan incremental dari suatu serangkaian prototype dari suatu sistem yang dapat berkembang menjadi suatu sistem akhir atau versi tertentu.

  • Prototyping Model, Pada model ini, user berperan aktif dalam pembuatan software. model ini digunakan apabila developer kesulitan dalam pengumpulan kebutuhan dan user juga tidak dapat menggambarkan software yang diinginkannya, atau dimana user sering menambah dan mengubah apa yang diinginkannya. 

Referensi
[1] Reidar ConradiSoftware Process Technology: 7th European Workshop
[2] Ian SommervilleSoftware Engineering (9th Edition)
[3] M DeploySoftware Engineering Process

Oke cukup sekian dulu :D
semoga tulisan ini dapat dipahami dan diterima oleh masyarakat dan kawan-kawan tercinta.

Sekian dan terima jodoh

Share This Post

0 comments: