Algoritma Pemrograman Chapter IV

  • Posted by Virgiawan Listanto
  • at 2:06 PM -
  • 0 comments
Algoritma Pemrograman Chapter IV

Flowchart
Apa itu Flowchart? Flowchart adalah bentuk gambar atau diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial. Jadi intinya Flowchart ini cuma gambar aja. Kita ndak perlu mikir gimana njalaninnya, makenya ataupun nganunya =)) Mudeng? yayayaya...

Kegunaan Flowchart
Mempermudah programmer dalam menentukan alur logika program untuk mempresentasikan program, baik untuk programmer itu sendiri maupun kepada orang lain.

Contohnya begini:


Nah kalau yang ini adalah Lambang-Lambang Flowchart



Begitulah Flowchart, jadi ada lambang-lambang yang mendefinisikan apakah dia bertugas sebagai aliran data, prosess input / output, dan lain sebagainya. Kebanyakan flowchart ini keluar waktu UAS, jadi ntar dikasih soal pseudo codenya, trus disuruh gambar flowchartnya. Khususnya bagi mahasiswa yang baru pertama kali belajar Algoritma Pemrograman di kampus yang memiliki jurusan Teknik Informatika dan sejenisnya. jadi jangan khawatir kalo sewaktu-waktu lupa. Tinggal buka blog ini aja om =))

Tipe Data
Sekarang kita bicara tentang tipe data, menurut kalian apa sih tipe data itu? sudah pernah denger? kalau belum silahkan tanya mbah gugel dengan keyword: "Apa itu Tipe Data" dijamin keluar semua =))

NB: Tipe data yang dibahas disini merupakan tipe data JAVA

1. Tipe Data Primitif
a. byte
b. short
c. int
d. long
e. float
f. double
g. char
h. boolean

Secara umum tipe data terdiri dari: bilangan bulat, pecahan, karakter, dan boolean


Operator
Operator yang dimaksud adalah operator yang digunakan dalam program. bukan operator hape :))

1. Operator Aritmatika

2. Operator Logika dan Operator Relasi

Basic Input / Output di JAVA
Input adalah sebuah proses masukan yang diketik melalui keyboard. sedangkan Output adalah hasil yang di inputkan tadi dan ditampilkan oleh program di layar kaca anda. Contoh: kita ngetik: ini budi maka outputnya adalah: ini budi.. kalau kita ngetik ini budi terus yang keluar ini sarmini, maka 100% program yang anda buat adalah FAIL atau gagal. karena tidak sesuai dengan inputan yang anda ketik.

Tapi beda lagi kalau anda sudah memberikan KONDISI. dimana kondisi yang anda berikan bisa saja berbeda dengan yang anda ketik. misalkan saya buat program perbandingan. apakah 2 merupakan bilangan genap. jika iya maka yang akan keluar adalah tulisan "ini bilangan genap". dan BUKAN angka 2.

mumet ya? sama saya juga mumet mas =))

1. Basic Output
Basic output di java menggunakan class System pada package java.lang.*, package secara otomatis di load oleh java,  tidak perlu import secara manual.

Syntax :

System.out.print("budi dan ani berpacaran, sedangkan kodok dan anu jomblo, teks ini tidak menghasilkan baris baru");

Atau

System.out.println("ini budi, ini ibu budi, budi tidak punya adik, teks ini akan menambah baris baru");

Jadi, dengan perintah System.out.print atau System.out.println kita dapat menampilkan teks yang sudah kita setting didalam perintah itu.

Perbedaan antara keduannya adalah:
1. System.out.print = menampilkan teks tanpa baris baru [Enter]
2. System.out.println = menampilkan teks dengan baris baru [Enter]

Wah, mumet yo mas =)) la iyo.. belajar memang mumet mas =))

2. Basic Input
a. Scanner
Scanner adalah Basic input  yang berfungsi untuk menerima masukan melalui keyboard. Basic input menggunakan class System pada package java.util.scanner , package ini harus di load oleh java, dan harus di import secara manual (di tulisi) di awal program.

Dengan menggunakan Scanner, kita dapat membuat dialog input didalam program..

NB: Scanner yang dimaksud adalah paket class yang ada di JAVA, bahasa kritisnya Scanner adalah PERINTAH. dan BUKAN HARDWARE yang digunakan untuk men-scan gambar =))

Cara menggunakannya:
1. Pertama kita import terlebih dahulu dibaris paling atas code program atau dibaris sebelum class.

import java.util.Scanner;

2. Kita buat Objek scannernya. karna java merupakan pemrograman berorientasi objek, jadi kita harus mengikuti aturan mainnya =))

Scanner namaobjek = new Scanner(System.in);

Tips dari saya, anda fokus kepada namaobjek nya saja. yang lain bisa di hapal. Misalkan saya buat objek Scanner baru:

Scanner masukan = new Scanner(System.in);

Jadi nama objek barunya adalah masukan.

3. Untuk menahan kursor, atau menahan inputan dan menerima masukan dari keyboard kita tulis seperti ini:

Tipedata variabelinput = namaobjek.next[tipedata]();

Contoh lengkapnya seperti ini:
1. Buat file baru dengan nama jajal.java kemudian ketikan skrip berikut lalu jalankan dengan EditPlus

import java.util.Scanner;

public class jajal {
    public static void main(String[] args){
        Scanner masukan = new Scanner(System.in);

        System.out.print("Masukan angka keramat anda: ");

        int angka = masukan.nextInt();

        System.out.println("angka yang anda ketik adalah"+angka+"");

    }
}

Kalau bingung trus mau tanya-tanya nanti bisa mensyen mas kodok di twitter :) *cieee twitteran loh* =))

b. BufferedReader/InputStreamReader
Jenis Input yang ini berbeda dari sebelumnya, dan perintahnya pun rada panjang. untuk menggunakannya pun harus memakai perintah try dan catch. jika tidak diberikan try dan catch maka akan error. saya sudah mencobanya pas praktek di kelas. Tapi fungsinya sama saja dengan Scanner, dan tidak ada perbedaannya. cuma di penggunaannya aja sebenernya.

BufferedReader merupakan basic input yang menggunakan class System pada package java.io, package ini harus di load oleh java, dan harus di import secara manual (di tulisi) di awal program.

Cara penulisannya:
1. import terlebih dahulu packagenya:
import java.io.*

2. Buat Objeknya:
BufferedReader namaobjek = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

3. Untuk menahan kursor dan menerima masukan dari keyboard:
Tipedata variabelinput = [tipedata].parse[tipedata](namaobjek.readLine());

Contoh lengkapnya begini:
1. Buat file baru dengan nama jajalbuffer.java kemudian simpan lalu jalankan dengan Editplus

import java.io.*;

public class jajalbuffer{
    public static void main(String[] args){
        try{
            BufferedReader masukan = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
            System.out.print("Masukan nama anda: ");
            String nama = masukan.readLine();
            System.out.println("Nama anda adalah: "+nama+"");
        }
        catch(Exception e){
            System.out.println("Tipe data yang di input salah");
        }
    }
}

Ya demikian perjumpaan kita kali ini, jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan. ya namanya juga manusia pasti banyak salahnya =)) oke salam olahraga!

Share This Post

0 comments: