Software Aplikasi Berbasis Website Dan Desktop - Web Introduction

  • Posted by Virgiawan Listanto
  • at 7:34 AM -
  • 5 comments
Software Aplikasi Berbasis Website Dan Desktop - Web Introduction

Software Berbasis Web Dan Desktop - Web Introduction, Wokeh! gazz terus postingannya :)) Kali ini kita akan membahas tentang Software Berbasis Web Dan Desktop pada sesi Web Introduction yang ke ntah berapa ini :)) Oke, Anda punya software? Apakah kegunaan software yang paling penting menurut anda? Apakah anda pengguna software? ataukah Anda merupakan salah satu pembuat Software? Semuanya akan dikupas secara tajam, setajam cutter!

Software yang akan kita bahas disini terbagi menjadi Dua macam Jenis, yaitu:
1. Software Berbasis Web
2. Software Berbasis Desktop

Software (Aplikasi) Berbasis Web
Apakah anda sering menggunakan Firefox? Google Chrome? atau bahkan Opera Mini untuk Browsing? atau malah menggunakan MetroMini? #halah =))

Allright! Dengan Web Browser Software/Aplikasi berbasis website dapat kita gunakan. Aplikasi-aplikasi berbasis website yang sudah membooming di internet seperti: Search Engine, Web Mail, Social Networking, Web Content Management System, Sistem Informasi Berbasis Website, E-Commerce, Forum Online, Google Docs, Streaming TV/Video Online, Kemudian aplikasi Chatting mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita.

Pengertian dari Software Berbasis Web itu sendiri adalah, sebuah program yang dapat dijalankan dengan paradigma Client-Server dan dapat membantu kita dalam memecahkan masalah.

Jadi, Apa masalahnya? Simple, Contoh Kasus Yang Pertama: 
Andi yang tinggal di Indonesia, ingin berkomunikasi dengan David yang tinggal di Nigeria. Kemudia Andi punya masalah, "Bagaimana Saya bisa bertatap muka dengan david serta melakukan komunikasi Dengannya?" SMS? BBM? WhatsApp? susah men! :))

Pake Camfrog dong! #eh =)) Pake software aplikasi berbasis website dong! yang bisa melakukan video call seperti: Yahoo Messenger atau Skype. Lebih mudah lagi pakai Facebook Video Call, malah bisa sambil apdet status + chatingan :))

Lha, kenapa ngga pake winamp? *gubrak! *tepok jidat pake balok*

Oke, Sekarang Contoh kasus yang kedua:
Sebuah perusahaan sabun di Amerika ingin mempromosikan produk-produknya di Internet. Kemudian mereka memiliki masalah, "OH! Kami tidak tidak tahu bagaimana cara mempromosikannya!" tidak lama kemudian mereka memanggil Minah, seorang Web Developer yang dapat mempromosikan produk-produk mereka di Internet.

Kemudian terjadilah percakapan antara Minah dan Staff Perusahaan:

Minah: "Bagaimana kalau saya buatkan Toko Online untuk mempromosikan produk-produk anda pak?"

Staff Perusahaan: "Oh! yes! itu yang saya inginkan! saya ingin produk-produk saya bisa tersebar kemana2"

Minah: "Kalau boleh saya sarankan lagi, Bagaimana kalau saya buatkan Sistem Aplikasi Helpdesk untuk menampung pertanyaan dari pelanggan?"

Staff Perusahaan: "Ahh! Ohh! itu dia! saya mau bilang itu juga tadi..

Minah: "Kalau boleh saya usul lagi, Bagaimana kalau saya buatkan Software Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Website untuk perusahaan anda?"

Staff Perusahaan: "OOOOHHHh!! Bisa Bangkrut perusahaan ane neeenggg ente sepikin terus =))

Minah: "Maaf pak, tapi alangkah lebih baiknya lagi kalau saya buatkan juga Aplikasi SMS-Gateway untuk perusahaan bapak. Gunanya banyak pak,. Bisa buat Report Absen (jadi ketika para karyawan absen di Web-Based, nanti ada notif masuk langsung ke HP Bapak), Jadi bapak bisa tahu siapa saja karyawan yang masuk atau tidaknya"

Staff Perusahaan: "Udah neeeng.... Udah... :T____T:"

Jadi seperti itulah gambarannya, Kita disini belajar untuk menjadi Mbak Minah, yang dianalogikan sebagai Web Developer pada dialog diatas :D

Oke, Sekarang yang jadi pertanyaan, apakah kegunaan software berbasis website yang paling utama? sebenarnya banyak sih kegunaannya, ada yang biasa digunakan untuk branding seperti blog dan web, ada yang dimanfaatkan untuk email pribadi seperti Gmail atau Yahoo Mail, dan juga ada yang sering manfaatkan untuk media Online Marketing via Jejaring Sok-Sial seperti: Facebook dan Twitter (tapi kebanyakan buat media komunikasi online sih, buat ajang rame-ramein dunia maya juga)

Pertanyaan yang kedua adalah, sebagai calon Web Developer, Mengapa Kita Perlu Mengetahui Pembuatan Aplikasi Berbasis Website?

Jawabannya:
1. Untuk Menambah Pengetahuan (Jelas)
2. Beberapa instansi, lembaga, perusahaan, pemerintahan, dan sebagainya masih sangat membutuhkan peran Web Developer untuk membuatkan website demi kelancaran Promosi online.
3. Untuk Diri Sendiri, membuat website dapat digunakan sebagai media sharing, cari duit, curcol, dan personal branding.
4. Jika kita mendirikan perusahaan Start-Up, maka kita dapat membuatkan layanan berbasis website yang dapat digunakan bagi banyak orang.
5. Masih banyak lagi.. *Intinya belajar Web Development itu adalah untuk membuat suatu Aplikasi berbasis website yang dapat digunakan dengan berbagai macam tujuan* titik :D

Software Berbasis Desktop
Oke, kita lanjut ke pembahasan Software Berbasis Desktop.

Software Aplikasi Berbasis Desktop Adalah Software yang dapat dijalankan langsung di Desktop, tanpa adanya peran Web Browser dan biasa digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu. Seperti: Program aplikasi perkantoran (MS.Office) untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, Program aplikasi pemutar musik (Winamp), Program aplikasi pengolah gambar (Adobe Photoshop), Dan program aplikasi berbasis desktop lainnya.

Oke, mungkin sudah pada faham yah, kita disini nanti mau ngapain aja :D
Yang jelas, pengetahuan itu penting.. *halah =))
Oke sekian dulu. Bagi yang udah pada bisa bikin web, dan nungguin *ini kapan mulai ngodingnya??* sabar-sabar =)) kasian Adik saya nanti mau belajar web bingung dari mana mulainya kalau langsung ke koding =))
Author: Virgiawan Listanto

Share This Post

5 comments:

  1. BAca sambil nGakak,,,
    enak bacanya, segurih ayam krispi,,,
    Top Markotop

    ReplyDelete
  2. cara penyampaian nya nyaman n bersahabat, sy jd mau lanjut dan lanjut baca ke postingan berikut nya :D

    ReplyDelete
  3. Asik mbacanya. Jadi mudah di mengerti. Thx ya buat infonya.
    ^-^

    ReplyDelete
  4. Iya, enak banget mbacanya. Hehe... Semangat Kak.

    ReplyDelete