Sistem Operasi (Linux Dan Windows) - Web Introduction

Sistem Operasi (Linux Dan Windows) - Web Introduction
Sistem Operasi (Linux Dan Windows) - Web Introduction,  Kalau sebelumnya kita sudah membahas mengenai sistem operasi secara umum, maka pada pembahasan kali ini kita akan membahas sistem operasi secara spesifik. Linux dan Windows, Oke.. kenapa harus Linux dan Windows? kenapa MAC tidak disebutkan? karena umumnya beberapa orang di dunia seringnya menggunakan Linux dan Windows.



Dapat kita lihat di warnet-warnet yang biasanya menggunakan Windows atau Linux, dan di perusahaan-perusahaan besar yang bisnisnya menggunakan resource Server pasti menggunakan Linux atau juga windows. tapi kebanyakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa Hosting pasti menggunakan Linux. karna Linux terkenal dengan Open Sourcenya.

Linux Operating System
Pembahasan linux tidak saya bahas terlalu dalam disini, karena referensi tentang linux memang sudah banyak di internet. Dan saya hanya menerangkan intinya saja yang berkaitan dengan Web Development.

Oke, yang harus kita bahas dari linux adalah:
1. Linux sebagai media untuk mengembangkan aplikasi website (Client) Desktop
2. Linux sebagai media untuk tempat meletakan website (Server)

#yang sederhana aja ya bahasanya biar nyambung :D

Linux Sebagai Media Mengembangkan Aplikasi Website (Client) Desktop
Di bidang jaringan komputer, ada yang disebut dengan paradigma Client-Server. Fungsi Client adalah meminta layanan kepada Server, sedangkan Server memberikan layanan kepada Client. Sederhananya seperti konsep jual beli di warung. Pembeli sebagai (Client) dan Penjual sebagai (Server).

Kita bisa menggunakan Distro Linux Desktop yang sesuai dengan keinginan kita untuk mengembangkan aplikasi web, contohnya: Ubuntu, Backtrack, BlackBuntu, Linux Mint, Fedora, Red Hat, dan sejenisnya.

Sedangkan contoh program untuk menjalankan website yang bersifat client adalah: Web Browser. Peran web browser sangat vital dibidang Web Development, karena tanpa adanya web browser, konten-konten website yang sudah dibuat sedemikian rupa tidak dapat dijalankan dan dilihat dengan sempurna. Katakan saja Twitter.com, kalau kita tidak memiliki web browser, bagaimana kita bisa ngetuuuuiiittt dengan nyaman dan damai #halah =))

Sedangkan alat untuk membuat atau mengembangkan aplikasi website yang bersifat client adalah:

1. Code Editor
Code editor digunakan untuk mengetik syntax atau codingan (bahasa kerennya). Contoh code editor antara lain: Notepad, Notepad++, Dreamweaver, Netbeans For PHP, Gedit, Pico, Vim, Nano, Dan masih banyak lagi.

2. Multimedia Design and Animation Software
Multimedia Design Digunakan untuk membuat Layout website atau tampilan website. intinya untuk nge-desain.. Sedangkan Multimedia Animation Software digunakan untuk membuat animasi website. Contohnya: Adobe Photoshop, Corel Draw, Gimp, Adobe Illustrator, Adobe Flash dan sejenisnya

Oke kita balik lagi ke linux. Sebenarnya jika sudah terbiasa dengan linux tidak ada halangan lagi untuk mengembangkan suatu aplikasi website. Gimp, Gedit, Nano, Pico, dan Vim juga sudah cukup bagus kalau memang sudah terbiasa menggunakannya. Mungkin hanya masalah di "Desain" tampilan saja ya.

Kalau saya pribadi, lebih suka menggunakan Aplikasi WINE, untuk menjalankan Program Executable "Adobe Photoshop" dari linux. Namun ada beberapa versi adobe photoshop yang belum bisa dijalankan juga di WINE. Saya pribadi menggunakan Adobe Photoshop 7.0 di linux. and ya no problem?!

Untuk Coding, saya terbiasa menggunakan Netbeans For PHP di Linux. nah kalau ini tidak perlu menggunakan WINE, karena memang source code programnya ada yang dikhususkan untuk Linux :D

Oke Lanjuuuuut!

Linux Sebagai Media Untuk Tempat Meletakan Aplikasi Web
Kalau sebelumnya kita sudah membahas mengenai Linux Client atau Desktop, kali ini kita akan membahas tentang Linux Server. Linux Server yang bisa kita gunakan untuk meletakan aplikasi website adalah Ubuntu Server, Debian Server, atau Distro Linux server lainnya.

Dengan adanya server, website kita dapat berteduh dan dapat dilihat oleh banyak orang (Artinya tidak hanya di Localhost) atau lokal komputer. Server juga terbagi menjadi beberapa jenis didalam jaringan komputer, antara lain Server yang berjalan di Intranet (Ruang Lingkupnya hanya di area yang sudah ditentukan), dan Server yang berjalan di Internet (Ruang Lingkupnya luas, karna dapat diakses secara online).

Beberapa Aplikasi yang harus di instal di Linux Server antara lain:
1. Web Server (contoh: Apache, Nginx, Lighttpd, Etc)
2. Database Server (Digunakan jika web yang dibuat menggunakan database)
Contoh: MySQL, Oracle, dan Senisnya
3. DNS Server
4. SSH Server (Buat Remote)
5. PHP
6. Mail Server (menggunakan port 25 SMTP untuk mengirim email)
7. Aplikasi Webmail (contoh: squirelmail)
8. Dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu

Catatan:
Kalau kita menggunakan jasa Shared Hosting, atau Reseller Hosting kita tidak perlu lagi menginstal program2 yang diperlukan untuk menjalankan website. Tinggal upload2 aja website kita ke hosting menggunakan Cpanel dengan Filemanager.  Atau yang tidak ingin bolak-balik Cpanel bisa menggunakan WINSCP FTP Client untuk transfer data ke Hosting. Beda lagi kalau kita menggunakani VPS, kalau VPS kita harus menginstal OS terlebih dahulu, aplikasi2nya, dan kawan2nya =)) =)) tapi tergantung juga sih, kadang ada juga yang udah di install OS nya tapi paket-paketnya belum :))

Untuk pembahasan tentang Sistem Operasi Linux baik yang Client dan Server kita cukupkan dulu sampai disini. Sekarang kita lanjut ke pembahasan tentang Sistem Operasi Windows.

Windows Operating System
Apa itu windows? masa iya ngga tau, orang dipake terus buat ini itu :)) *ah masa sih* gw pake linux kok :)) halah dulu waktu belajar komputer juga makenya windows =)) Udeh! biar adil dibuat Dual Boot aja =)) Peace man Peace =))

Oke next, Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, hingga saat ini Windows sudah mencapai versi 8, atau yang biasa disebut Windows 8. Tapi saya pribadi masih menggunakan Windows 7 :)) dan Linux Backtrack 5 =)) *adil kan.. dual boot dong =))*

Perlu diketahui Windows merupakan sistem operasi yang berbayar, sangat berbeda dengan linux yang bersifat Open Source. Dalam bidang Web Development, beberapa program yang executable di windows akan sering digunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi website. Sama seperti linux, Windows juga memiliki versi Client dan versi Server.

1. Windows Client sebagai media untuk mengembangkan aplikasi website
2. Windows Server sebagai media untuk meletakan aplikasi website

Windows Client Sebagai Media Mengembangkan Aplikasi Website
Beberapa program executable yang berjalan di windows dan akan sering digunakan dalam pengembangan aplikasi website adalah:

1. Code Editor
Contoh: Notepad, Notepad++, Editplus, Netbeans For PHP (Windows), Dreamweaver, Wordpad, dan sejenisnya

2.Multimedia Design And Animation Software
Contoh: Adobe Photoshop (all version), Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe Flash, Bahkan pakai paint pun bisa digunakan untuk membuat tampilan website kalau sudah mahir =)) =))

3. Web Package Software
Contoh:
- AppServ (include: Apache, MySQL, PHP)
- Xamp (include: Apache, MySQL, PHP)
- Wamp (include: Apache, MySQL, PHP)
- Dan kawan-kawan

Windows Server Sebagai Media Untuk Meletakkan Aplikasi Website
Jika ingin memakai windows sebagai server, kita dapat menggunakan "Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, Windows 2008 Server, Windows Server 2012.

Oke, Mungkin sekian dulu artikel tentang Sistem Operasi (Linux Dan Windows) - Web Introduction kali ini. Kita akan jumpa lagi pada artikel berikutnya. Jangan kemana-mana tetap stay on di ID-WebMaster Code.

Author: Virgiawan Listanto
"Original Content Tulisan Sendiri"

Share This Post

1 comment:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'NGINX, PHP, dan MySQL', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5391/1/dokumen%20presentasi.pdf
    terimakasih

    ReplyDelete